skip to content
>Save our earth with public transportation

Save our earth with public transportation

Summary

Meningkatnya pemakaian bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab meningkatnya emisi gas rumah kaca yang berakibat pada meningkatnya suhu global. Untuk mengurangi dampak tersebut di atas dapat dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi dan memanfaatan kendaraan umum. Melalui projek ini siswa mengamati jenis kendaraan umum yang ada di kota mereka dan menceritakan pengalaman mereka ketika menggunakan kendaraan umum tersebut. Siswa juga mencoba menghitung melalui Ecological foot print tentang kebutuhan energi yang mereka gunakan dalam berkendaran.

Age range
11 - 17
Language
English
Owner
Hadi Ul Ichsan
Project stage
In progress
Last update
16 years ago
Rating
0 stars
Rate this project
Join this project

Inventarisasi sarana transportasi publik.

(Juli 2008 minggu ke 1-4) Students inventarets alat atau sarana transportasi publik yang ada dikota mereka. Setiap jenis alat transportasi publik dideskripsikan tentang gambaran umum fisik kendaraan, daya tampung penumpang, jarak tempuh dan rute angkutan, jenis dan jumlah bahan bakar yang digunakan, cara menggunakan jasa angkutan,dsb

Pengumpulan Data Penggunaan Alat Transportasi Publik

(Agustus 2008, minggu ke 1-4) Siswa mengumpulan data tentang alat transportasi publik yang sering mereka gunakan. Data itu terdiri dari: kapan, dimana, untuk keperluan apa, dan apa alasan mereka memilih alat transportasi tersebut.

Reportase fieldtrip berkendaraan dengan transportasi publik

(September, minggu ke 1-2) Siswa menceriterakan pengalaman penjalanan mereka dengan menggunakan transportasi publik yang mereka pilih. Dalam reportase ini ditayangkan secara visual sejak awal, mulai dari menunggu kedatangan kendaraan, membayar ongkos atau membeli tiket, saat naik kendaraan, keadaan atau peristiwa yang terjadi di dalam kendaraan, hingga sampai di tempat tujuan.

komentar hasil reportase

(September minggu ke 3-4) Siswa antar sekolah saling meberikan komentar terhadap hasil reportase fieldtrip perjalanan dengan alat transportasi publik dari sekolah partnershipnya, misalnya tentang kondisi sarana angkutan, sistem pembelian dan harga tiket, peristiwa-peristiwa yang terjadi yang terjadi selama perjalanan, dan lain-lain.

Ecological Foot Print gaya hidup berkendaraan

(Oktober, minggu 1-4) Bagi siswa yang menyukai tantangan dapat melanjutkan stage ini. Pada stage ini siswa melakukan penelitian tentang kebutuhan energi yang harus didukung bumi terhadap gaya hidup siswa dalam bertransportasi. (penelitian ini mencuplik referensi dari program penelitian ekological foot print). Melalui penelitian ini siswa dapat mengetahui apakah kebiasaan mereka dalam bertransportasi tergolong penindas lingkungan ataukah ramah lingkungan.

Other Media